•18.18
 
GAMBARAN UMUM
Sebagai salah satu simbol peningkatan kualitas pendidikan di wilayah Kabupaten Probolinggo, Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo dituntut untuk lebih aktif di dalam mendorong peningkatan minat dan kebiasaan membaca masyarakat. Salah satu hal yang penting dilakukan adalah dengan cara memb
erikan layanan yang optimal dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat sehingga masyarakat akan lebih tertarik untuk berkunjung dan memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan.

Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo merupakan unsur penunjang pemerintah daerah dibidang perpustakaan dipimpin oleh Kepala Kantor yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah. Sejarah berdirinya perpustakaan mengalami perjalanan yang panjang, diawali dengan keluarnya Peraturan Daerah no. 8 tahun 1978 tanggal 12 Desember 1978 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Wilayah Daerah dan Sekretariat DPRD Kabupaten Dati II Probolinggo. Di dalam pasal 15 bagian III Perda tersebut, disebutkan bahwa perpustakaan merupakan salah satu sub bagian dari Bagian Hukum dan Organisasi Tata Laksana.

Kemudian pada tahun 1982, tepatnya tanggal 30 Mei 1982, Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo secara resmi dimanfaatkan oleh umum dengan ditandai dengan peresmian dibukanya perpustakaan oleh Bupati Kepala Dati II Probolinggo yang pada waktu itu dijabat oleh Bp. Sudirman, yang selanjutnya ditetapkan sebagai hari lahirnya Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo. Adapun gedung yang dulu ditempati untuk perpustakaan, sekarang digunakan untuk kantor Perusahaan Daerah Rengganis dalam kompleks Gedung Olah Raga Sasana Krida.

Berikutnya, terbit Peraturan Daerah no. 13 tahun 1988, yang mana pada pasal 21 bagian III disebutkan bahwa perpustakaan merupakah salah satu sub bagian dari Bagian Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Wilayah Daerah Kabupaten Dati II Probolinggo. Hingga saat ini, dasar hukum yang digunakan sebagai dasar pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo telah mengalami beberapa pergantian, yang terakhir yaitu dengan keluarnya Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo no. 10 tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah dan Peraturan Bupati Probolinggo no. 31 tahun 2008 tentang Uraian Tugas dan Fungsi Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo. Adapun struktur organisasi Kantor Perpustakaan Umum Daerah seperti yang terdapat pada lampiran Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo tersebut, adalah sebagai berikut:






Kompleks Kantor Perpustakaan Umum Daerah bertempat di Jl.  A. Yani No. 1 Kraksaan, berdiri diatas lahan seluas 1750 m². Khusus untuk Ruang Baca yang terdiri dari Ruang Baca Umum, Ruang Referensi, Ruang Baca Anak dan Ruang Internet menempati bangunan seluas 174 m², sedangkan sisanya untuk kegiatan di  sisanya untuk kegiatan di ministrasi/perkantoran, musholla dan alaman/taman.

Dasar Hukum
Peraturan Daerah Kabupaten Probolinggo no. 10 tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah dan Peraturan Bupati Probolinggo no. 31 tahun 2008 tentang Uraian Tugas dan Fungsi Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo

Tugas Pokok
Membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang perpustakaan

FUNGSI
1.       Perumusan perencanaan, kebijaksanaan teknis, pelaksanaan dan pengendalian dibidang perpustakaan ;
2.       Pemberian pembinaan dibidang perpustakaan serta pelayanan umum ;
3.       Pelaksanaan tugas pokok sesuai dengan kebijakan yang diberikan oleh Bupati

VISI DAN MISI




LAYANAN PERPUSTAKAAN
·         PENELUSURAN INFORMASI (BUKU DAN INFORMASI LAINNYA)
Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Perpustakaan juga tidak ingin ketinggalan dalam pemanfaatan layanannya kepada masyarakat. Sebagai wujud nyatanya, saat ini Perpustakaan menggunakan sistem otomasi (komputerisaasi) perpustakaan untuk menunjang semua jenis layanannya, meliputi:
1.       OPAC (Online Public Access Catalogue)
Koleksi bahan perpustakaan saat ini dapat diakses (ditelusur) melalui komputer yang disediakan di ruang baca dengan cara mengetikkan salah satu unsur pencarian koleksi, meliputi pengarang, judul, subyek dan penerbit. Tampilan yang ada OPAC dirancang mirip dengan situs web site (web base) sehingga pada saat proses upload data ke internet diharapkan tidak menemui kendala dan pada akhirnya koleksi perpustakaan dapat ditelusur melalui internet.
2.       Layanan Informasi
Perpustakaan melayani berbagai pancarian informasi, seperti pendidikan pemakai bagi pemustaka yang ingin memanfaatkan OPAC, teknologi tepat guna, komputer, berita dunia, maupun informasi lainnya.
3.       Layanan Internet
Sebagai wujud dari kesiapannya menghadapi era terknologi informasi, Perpustakaan memberikan membuka layanan internet yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka dengan biaya terjangkau dan akses yang memuaskan. Selain membuka layanan internet yang bisa diakses hanya dengan biaya Rp 1.500/jam, layanan internet di perpustakaan yang juga diberi nama GRAHA PUSTAKA.NET ini juga memberikan layanan berupa cetak foto/teks, scan maupun copy CD/DVD. Disamping juga memberikan layanan pendidikan pemakai bagi pemustaka yang belum memiliki kemampuan untuk memanfaatkan internet.
·         LAYANAN SIRKULASI (PEMINJAMAN DAN PENGEMBALIAN BUKU)
Bagian Sirkulasi merupakan salah satu bagian terpenting di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo karena disinilah aktifitas konkrit sebuah perpustakaan berlangsung. Layanan sirkulasi/peminjaman koleksi buku teks berlaku bagi anggota perpustakaan dengan menunjukkan Kartu Anggota Perpustakaan. Lama peminjaman untuk koleksi buku teks di ruang sirkulasi adalah satu minggu dan boleh diperpanjang lagi maksimal 3 ( tiga ) kali. Jumlah buku yang boleh dipinjam maksimal 2 ( dua ) judul.
Untuk menjadi anggota perpustakaan, diharuskan mengisi formulir pendaftaran yang telah ditandatangani (mengetahui) Kepala Desa (bagi masyarakat umum), Dekan (bagi mahasiswa), dan Kepala Sekolah (bagi pelajar) dengan dilampiri :
-    fotokopi KTP (bagi masyarakat umum)
-    Kartu Mahasiswa (bagi mahasiswa)
-    Kartu Pelajar (bagi pelajar)
Setelah melengkapi syarat-syarat tersebut, calon anggota perpustakaan sudah bisa langsung foto ditempat. Pembuatan Kartu Anggota Elektronik sudah bisa diselesaikan hanya dalam tempo 15 (lima belas) menit.
Koleksi perpustakaan yang boleh dipinjam adalah koleksi buku teks yang berada di ruang sirkulasi. Dengan dukungan sistem otomasi perpustakaan, layanan sirkulasi akan semakin cepat dan mudah.

·         LAYANAN REFERENSI DAN TERBITAN BERKALA
Layanan referensi menyediakan koleksi seperti: kamus, ensiklopedi, terbitan pemerintah, peta, almanak dan lain sebagainya yang ditempatkan di ruang khusus koleksi referensi.
Sedangkan layanan terbitan berkala menyediakan koleksi: majalah, jurnal, maupun surat kabar untuk dibaca ditempat atau difotokopi.




·         PELESTARIAN BAHAN PUSTAKA
Sebagai salah satu lembaga pelestari kebudayaan hasil karya manusia terutama hasil karya yang berupa karya tulis dan karya rekam, Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo melakukan pelestarian bahan pustaka meliputi:
-       Pemeliharaan bahan pustaka
-       Perbaikan bahan pustaka yang rusak
-       Penyuluhan kepada staf dan pengguna perpustakaan

·         JAM LAYANAN
Jam buka Perpustakaan Umum Daerah:
Senin – Kamis      :     08.00 – 15.30 WIB
Jum’at                 :     08.00 – 11.00 WIB
Sabtu – Minggu   :     08.00 – 15.30 WIB

·         LAYANAN MOBIL PERPUSTAKAAN KELILING ( MPK )
Layanan MPK secara rutin dilakukan kepada 110 perpustakaan sekolah, pondok pesantren, rumah tahanan dan desa di 24 Kecamatan se-Kabupaten Probolinggo setiap satu bulan sekali, dengan jadual yang telah ditentukan. Saat ini telah banyak permohonan dari berbagai lembaga pendidikan yang telah masuk ke kantor perpustakaan untuk minta dikunjungi/dilayani MPK.




Untuk memperluas jangkauan layanan Mobil Perpustakaan Keliling ke semua tingkat golongan usia masyarakat, perpustakaan memberikan layanan peminjaman dan pemanfaatan koleksi perpustakaan kepada anak-anak usia pra TK melalui PAUD dan anak-anak usia TK yang kita sebut dengan la-
yanan perpustakaan MPK-Kids (Mobil Perpustakaan Keliling untuk Anak-anak).


MPK-Kids memberikan layanan kepada anak-anak dengan berbagai macam kegiatan, antara lain:
-          Sentra Komputer
-          Sentra Audio Visual
-          Sentra APE (Alat Permainan Edukatif)
-          Sentra Buku

·         PROMOSI PERPUSTAKAAN
Perpustakaan masa kini tidak hanya memiliki koleksi buku-buku, melainkan juga berupa perangkat untuk penyajian bahan melalui CD, VCD, CD-ROM, dan sebagainya sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Demikian juga koleksi rekaman film tentang flora dan fauna, dokumentasi sejarah, kelautan, kehutanan, dan sebagainya. Sejalan dengan kemajuan teknologi informasi, perpustakaan tidak hanya berfungsi sekedar sebagai tempat simpan pinjam bahan perpustakaan ditambah ruang baca belaka.
Perpustakaan modern mestinya bisa berfungsi bagi penyelenggaraan berbagai forum penerangan dan pembahasan tentang masalah-masalah aktual, antara lain melalui
penyelenggaraan lomba minat baca, diskusi panel, seminar, simposium, lokakarya, dan sebagainya. Perpustakaan juga dapat menyelenggarakan acara pameran buku, pemutaran film, perkenalan dengan pengarang dan sastrawan nasional maupun lokal.
Melalui berbagai forum pembahasan itu niscaya dapat didorong perkembangan berbagai pemikiran mengenai masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh masyarakat yang  bersangkutan.
Berkenaan dengan hal tersebut diatas, sebagai upaya peningkatan minat dan kebiasaan membaca masyarakat Kabupaten Probolinggo, pada tahun ini Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo menyelenggarakan berbagai macam kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kualitas tenaga pengelola perpustakaan khususnya maupun masyarakat Kabupaten Probolinggo pada umumnya. Adapun kegiatan tersebut meliputi:
-          Bimbingan teknis pengelolaan perpustakaan
Diselenggarakan bagi tenaga pengelola perpustakaan sekolah maupun pondok pesantren yang merupakan anggota binaan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK). Kegiatan yang telah diadakan untuk ketiga kalinya ini diikuti oleh 40 peserta yang mewakili 40 lembaga
pendidikan di wilayah Kabupaten Probolinggo

-          Sarasehan Pelajar
Diikuti oleh 6 SMA Negeri/Swasta se-Kabupaten Probolinggo, membahas 4 topik bahasan yang sangat menarik, yaitu perpustakaan, narkoba, pendidikan dan lingkungan hidup

-          Lomba Mading
Lomba mading ini diikuti oleh siswa-siswi SMP dan SMA se-Kabupaten Probolinggo dengan mengambil tema “Menggagas Minat dan Kebiasaan Membaca Masyarakat” sebagai bagian dari peningkatan kualitas membaca masyarakat Kabupaten Probolinggo

-          Lomba Memasak dan Keterampilan
-          Lomba Pidato
-          Lomba Mendongeng
-          Lomba Membuat & Membaca Puisi
-          Lomba Story Telling
-          Lomba Membaca Berita
-          Lomba Karya Tulis
-          Lomba Menulis Cerita Pendek
-          Lomba Kliping
Diselenggarakan untuk memberdayakan/mendayagunakan satuan kerja-satuan kerja di lingkungan Kabupaten Probolinggo di dalam penerbitan hasil-hasil kerja masing-masing satker kepada perpustakaan. Dasar pemikiran dilaksanakannya lomba ini adalah untuk menambah koleksi bahan perpustakaan Kabupaten Probolinggo yang berhubungan dengan produk-produk yang dihasilkan oleh masing-masing instansi. Hal ini muncul setelah melihat kondisi yang ada di lapangan bahwa kurangnya partisipasi masing-masing satker dalam pemenuhan koleksi perpustakaan
-          Lomba Membuat Resume Buku
-          Lomba Membuat Resensi Buku
-          Seminar
DSCN5261Menampilkan pembicara KH. Mustofa Bisri (Gus Mus), Ust. Zawawi Imron dan Bupati Probolinggo (Drs. H. Hasan Aminuddin, M.Si.) dengan mengambil tema “Eksistensi
Membaca Menghadapi Perkembangan dan Tantangan Zaman
-          Pameran dan Bursa Buku
Diikuti penerbit/distributor dari dalam maupun luar Probolinggo yang merupakan mitra kerja Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo dalam pengadaan bahan perpustakaan
-          Pencanangan GKSM (Gerakan Keluarga Senang Membaca)
Sebagai upaya penggugah minat dan kebiasaan membaca, tidak lupa perpustakaan juga menggandeng kelompok masyarakat paling bawah, yaitu keluarga sebagai salah satu kelompok yang harus dapat perhatian serius. Hal ini ditandai dengan pencanangan GKSM oleh Bupati Probolinggo tanggal 30 Mei 2008 di Alon-alon Kraksaan bersamaan dengan acara seminar minat baca.
Strategi yang diterapkan agar GKSM ini dapat berjalan secara berkesinambungan dan tidak hanya jalan ditempat atau bahkan berhenti di tengah jalan, adalah dengan melakukan penilaian keluarga senang membaca di dalam penilaian lomba desa, sosialisasi ke PKK, posyandu, sekolah, maupun kelompok-kelompok masyarakat yang lain.
Sebagai tahap awal, direncanakan pada awal tahun 2009 akan disusun petunjuk teknis dan pelaksanaan GKSM yang selanjutnya akan dibentuk tim pembina GKSM serta berikutnya akan diadakan pelatihan dan workshop yang ditujukan bagi para pemerhati dan pihak-pihak yang concern kepada peningkatan minat baca masyarakat Kabupaten Probolinggo.

PENGEMBANGAN PERPUSTAKAAN
Sebagai salah satu institusi perangkat teknis yang mengedepankan pelayanan prima kepada masyarakat, Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo selalu berusaha melakukan berbagai terobosan yang dinamis dan inovatif. Langkah-langkah tersebut disamping untuk meningkatkan minat dan kebiasaan membaca masyarakat, juga untuk mendekatkan keberadaan perpustakaan yang sampai saat ini oleh sebagaian kalangan masih dipandang sebelah mata. Namun perlu digarisbawahi bahwa berhasil tidaknya suatu rencana program yang hendak dilakukan, tidak terlepas dari peran pemerintah daerah. Saat ini peran pemerintah daerah Kabupaten Probolinggo sangat baik sekali untuk mendukung perkembangan perpustakaan Kabupaten Probolinggo kedepan. Untuk itu, Kantor Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo berusaha mengagendakan program kegiatan kedepan yang mudah-mudahan akan dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat Kabupaten Probolinggo. Program tersebut meliputi :
1.      Dengan adanya penambahan 3 unit Mobil Perpustakaan Keliling (masing-masing terdiri dari Mobil Perpustakaan Keliling bantuan dari Perpustakaan Nasional RI dan dari APBD Kabupaten Probolinggo), perpustakaan merencanakan penambahan jangkauan perpustakaan binaan MPK.
2.      Pendirian Perpustakaan Cabang di setiap wilayah kecamatan se-Kabupaten Probolinggo.
Tahun 2008 ini telah disiapkan pendirian 1 buah UPT di wilayah barat Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Kecamatan Tongas. Hal ini didasari pertimbangan bahwa pintu masuk datangnya wisatawan dalam maupun luar negeri ke wilayah Kabupaten Probolinggo adalah melalui jalur barat. Sehingga kedepan, UPT Perpustakaan Cabang Tongas juga akan dijadikan sebagai salah satu pusat informasi wisata di Kabupaten Probolinggo. Tahun 2009 didirikan 2 (dua) unit UPT perpustakaan cabang, yaitu di wilayah Kecamatan Dringu, Maron dan Leces.
3.      Layanan Sepeda Motor Keliling
Untuk menjangkau seluruh lokasi di wilayah Kabupaten Probolinggo, tahun 2010 layanan sepeda motor keliling roda tiga menjangkau tempat-tempat keramaian di seluruh pelosok wilayah Kabupaten Probolinggo. Tempat-tempat keramaian tersebut meliputi PAUD (ditujukan kepada wali murid yang sedang menunggui putra-putrinya yang sedang sekolah), pasar, pangkalan angkot maupun ojek, dan sebagainya.
4.      Layanan Otomasi Perpustakaan
Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, Kantor Perpustakan Umum Daerah Kabupaten Probolinggo juga menyikapinya dengan serius. Hal ini ditunjukkan dengan adanya persiapan penyelenggaraan layanan perpustakaan secara komputerisasi. Persiapan-persiapan yang sudah dan akan dilakukan meliputi pengadaan sarana komputer dan software perpustakaan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2008, maupun input data buku dan anggota yang sedang dikerjakan, serta kesiapan SDM yang akan menangani pelayanan perpustakaan secara komputerisasi.
Dengan adanya rencana program kedepan ini, diharapkan layanan perpustakaan akan semakin mudah dinikmati dan dijangkau seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten Probolinggo.


|
This entry was posted on 18.18 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar: